Sabtu, 12 Desember 2009

Mengajar : Mengajarkan Anda Sebuah Pelajaran

Setelah beberapa kali membuat postingan tentang Komputer dan Internet, kali ini saya ingin membuat tulisan mengenai pengalaman pribadi saya sebagai salah seorang pengajar (Cuma sebagai Asdos kok.. :-D). dalam tulisan ini saya hanya ingin sedikit bercerita tentang apa yang pernah saya dapat dan alami ketika menjalankan tugas saya sebagai seorang pengajar. Ya, benar, seperti judul yang saya berikan untuk tulisan ini, dengan mengajar kita akan mendapatkan sebuah pelajaran. Pelajaran apa yang akan kita dapatkan? Baca dulu cerita saya kemudian simpulkan sendiri apa pelajarannya, :-P. oke, sebelum masuk ke topik utama, sedikit cerita, saya dulu ketika masih SMA adalah seorang yang paling tidak bisa berbicara di depan umum, kemudian ketika masuk kuliah (semester 1) saya mendapatkan tawaran untuk membantu mengajar komputer untuk mahasiswa PGSD, tawaran tersebut langsung saya terima walaupun sebenarnya saya paling tidak bisa berbicara di depan umum termasuk mengajar. Tawaran ini saya terima karena saya juga membutuhkan pekerjaan untuk membiayai kuliah. Akhirnya dengan berulang kali menyakinkan diri saya sendiri untuk mengajar, saya dapat melewati pengalaman mengajar pertama dengan sukses. Ternyata berbicara di depan umum (dalam hal ini mengajar) itu tidak sesulit apa yang dibayangkan (memang benar kata pepatah bahwa yang sulit itu akan menjadi mudah jika kita kerjakan dengan bersungguh-sungguh), malah bisa dikatakan cukup mengasyikkan karena yang saya ajarkan adalah hobi saya sendiri yaitu komputer, bekerja sambil menyalurkan hobi, hmmm, sebuah hal yang sangat menyenangkan.
Dari mengajar ini saya juga mendapatkan banyak hal yang berharga bagi diri saya, bagaimana senangnya seorang dosen jika apa yang diajarkannya dapat dimengerti oleh mahasiswanya, bagaimana rasanya jika mahasiswa menghargai dosennya yang sedang mengajar, sehingga ketika kuliah kita dapat lebih menghargai dosen kita karena kita juga merasakan bagaimana rasanya ketika kita sedang mengajar di hargai oleh mahasiswa kita.Dari mengajar juga saya bisa sedikit demi sedikit menghilangkan phobia berbicara di depan umum, hehehe.
Pendek kata mengajar akan memberikan kita banyak pelajaran, bagaimana cara berbicara di depan orang banyak, bagaimana cara menghargai dosen/orang lain, bagaimana indahnya jika dapat berbagi apa yang kita ketahui dengan orang lain, mendapat banyak sahabat (apalagi saya yang mengajar mahasiswa yang hampir sama umurnya dengan saya), dan yang jelas apabila kita mengajar dengan ikhlas kita akan mendapat sebuah lumbung amal buat kita nanti di akhirat apabila ilmu yang kita ajarkan digunakan untuk hal-hal yang positif. Aminn.
Pesan untuk pelajar/mahasiswa, sesungguhnya dosen kalian akan senang jika melihat kalian mengerti apa yang diajarkan dan akan bangga jika yang diajarkan bisa lebih pintar dari dia. SELAMAT BELAJAR DAN YAKINLAH BAHWA ANDA AKAN JADI YANG TERBAIK!!!






1 komentar:

Novita mengatakan...

keren postingannya, sangat menarik untuk dibaca, terima kasih sudah saling berbagi. di tunggu komen balek mas dede!

Posting Komentar