Sabtu, 28 November 2009

SEJARAH BIG FOUR

Big Four adalah merupakan empat kantor Akuntan Berskala Internasional yang terbesar saat ini, yang mengaudit sebagian besar perusahaan di seluruh dunia. Empat anggota The Big Four yaitu antara lain:
  1. Deloitte Touche Tohmatsu
  2. PricewaterhouseCoopers
  3. Ernst & Young
  4. KPMG
Sebelum menjadi The Big Four, Kelompok Kantor Akuntan Publik terbesar dinamakan dengan Big Eight pada saat sebelum terjadi merger dan likuidasi kantor Akuntan Publik “Arthur Andersen” karen terlibat masalah kasus Enron. Berikut adalah nama kantor Akuntan yang termasuk kedalam The Big Eight:
  1. Arthur Andersen
  2. Arthur Young & Company
  3. Coopers & Lybrand
  4. Ernst & Whinney Deloitte Haskins & Sells
  5. Deloitte Haskins & Sells
  6. Peat Marwick Mitchell (yang kemudian berubah menjadi Peat Marwick)
  7. Price Waterhouse
  8. Touche Ross
Selanjutnya karena kompetisi diantara kantor Akuntan yang semakin besar maka Ernst & Whinney merger dengan Arthur Young menjadi Ernst & Young dan Deloitte, Haskins & Sells merger dengan Touche Ross menjadi Deloitte & Touche pada Agustus 1989, maka Big Eight berubah menjadi Big Six, daftar nama anggota Big Six sebagai berikut:
  1. Arthur Andersen
  2. Coopers & Lybrand
  3. Ernst & Young
  4. Deloitte & Touche
  5. Peat Marwick Mitchell
  6. Price Waterhouse
Selanjutnya pada jli 1998, Price Waterhouse merger dengan Coopers & Lybrand menjadi PricewaterhouseCoopers, sehingga The Big Six berubah lagi menjadi The Big Five, dengan anggota sebagai berikut:
  1. Arthur Andersen
  2. Ernst & Young
  3. Deloitte & Touche
  4. Peat Marwick Mitchell
  5. PricewaterhouseCoopers
Tetapi kasus Enron yang Arthur Andersen sebagai pengaudit laporan Keuangannya, telah menyeret Arthur Andersen dalam serangkaian penyelidikan oleh otoritas bursa US. Dan dari hasil penyelidikan ditemukan bahwa Arthur Andersen terlibat dalam skandal tersebut dan didakwa melanggar hokum Karena ikut menghancurkan dokumen-dokumen pengauditan Enron dan menutupi kerugian-kerugian Enron. Karena kasus ini akhirnya Arthur Andersen ditutup izinnya dan juga seluruh cabang-cabangnya di dunia, sehingga The Big Five berubah lagi menjadi The Big Four pada tahun 2004 dengan anggota sebagai berikut:

  1. Ernst & Young
  2. Deloitte Touche Tohmatsu
  3. KPMG
  4. PricewaterhouseCoopers
Big Four ini masih bertahan sampai sekarang.

2 komentar:

sahidslow mengatakan...

lanjutkan

Ronrico Wijaya mengatakan...

mksh mas aq bisa tahu sejarah Big Four

Posting Komentar